4 Cara Menghitung Usia Kehamilan untuk Para Ibu Muda

Datangnya seorang buah hati tentunya menjadi salah satu hal yang paling dinantikan bagi mereka yang sudah menikah. Terlebih lagi jika penantian tersebut berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Ketika Anda dinyatakan hamil, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui usia kehamilan. Berikut cara menghitung usia kehamilan untuk para ibu muda.

  1. Menggunakan Kalkulator Kehamilan Online

Di zaman yang kian modern ini Anda tak harus repot-repot pergi ke dokter hanya untuk mengetahui usia kehamilan. Kalkulator online merupakan salah satu cara menghitung usia kehamilan paling praktis dan mudah yang bisa Anda coba. Anda hanya perlu mengetik kalkulator kehamilan pada browser maka secara otomatis akan keluar tautan yang demikian.

Cara menggunakan kalkulator online untuk mengetahui usia kehamilan juga terbilang cukup mudah. Pasalnya Anda hanya perlu memasukkan bulan, tangga, dan hari pertama haid terakhir atau yang lebih dikenal dengan HPHT. Namun yang jelas Anda harus mengetahui siklus haid Anda. Kalkulator ini dengan sendirinya akan menghitung usia kehamilan Anda. Mudah bukan?

  1. Hitungan Kalender (Rumus Naegele)

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan adalah dengan menggunakan metode hitungan kalender atau yang lebih dikenal dengan rumus naegele. Anda harus mengetahui siklus haid Anda. Pasalnya cara menghitung usia kehamilan yang satu ini cenderung dilakukan untuk wanita yang memiliki siklus haid teratur sekitar 28 sampai 30 hari.

  1. Sistem Fundus Uteri

Sebenarnya apa si fundus uteri? Fundus uteri adalah puncak rahim. Bagian puncak rahim ini akan meninggi dengan sendirinya seiring bertambahnya usia kehamilan. Cara menghitung kehamilan adalah dengan meraba bagian puncak rahim yang menonjol pada bagian perut. Hitunglah jaraknya mulai dari tulang kemaluan hingga mencapai puncak rahim.

  1. Deteksi Gerakan Janin

Cara mencari tahu usia kehamilan dengan metode manual selanjutnya adalah dengan deteksi gerakan janin. Meski begitu perlu untuk Anda ingat bahwa cara yang satu ini tidak 100% akurat. Caranya juga terbilang cukup mudah. Pasalnya Anda hanya perlu merasakan gerakan janin. Jika janin dalam kandungan sudah mulai bergerak maka usianya adalah 18-20 minggu.

Perlu untuk diingat bahwa cara mengetahui usia kehamilan yang satu ini hanya berlaku untuk wanita yang bari saja hamil untuk yang pertama kalinya. Namun bagi wanita yang pernah hamil jika sudah merasakan gerakan janin maka diperkirakan usia kehamilannya sekitar 16 hingga 18 minggu. Namun untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat datangi dokter kandungan.

Nah di atas merupakan beberapa cara menghitung usia kehamilan secara manual yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Meski begitu jangan mudah percaya ya, pasalnya beberapa cara di atas tidak akurat 100%. Jadi pastikan Anda pergi ke dokter kandungan atau bidan untuk memastikannya. Dapatkan berbagai tips seputar kehamilan lainnya di orami.co.id.