Teknik-Teknik dalam Desain Tekstil

Bila anda membutuhkan informasi mengenai fabric printing techniques maka sebaiknya silakan simak informasinya dalam artikel ini. Jika anda berencana ingin terjun dalam dunia tekstil terutama kain print maka anda harus memiliki banyak imajinasi agar lebih mudah dalam membuat berbagai motif dan pola kain. Selain itu, pada kain juga diperlukan unsur-unsur lain seperti warna dan ukuran yang menjadi unsur penting dari desain tekstil. Bagi seorang desainer tekstil maka harus paham betul berbagai macam teknik desain tekstil mulai dari tradisional sampai digital.

Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya secara teknis terdapat dua cara mencetak kain yaitu secara langsung di atas kain dan secara tidak langsung yang dilakukan dengan memakai media perantara. Selain kedua teknik tersebut, ada beberapa teknik lain yang perlu anda ketahui diantaranya sebagai berikut.

  1. Screen Printing
    Teknik ini disebut juag teknik sablon merupakan teknik printing dengan metode langsung dari pencetakan kain langsung ke kain. Teknik ini terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu flat bed screen printing dan rotary screen printing. Kelebihan teknik ini yaitu pencetakannya bisa dilakukan pada warna yang terang maupun gelap dengan intensitas yang sama.
  2. Resist Printing
    Teknik ini memakai pasta resist yang secara khusus pada kain ke dalam bentuk pola kemudian dilakukan proses pewarnaan kain sampai pasta yang diterapkan mampu menahan proses pencelupan dan muncul warna dasar. Teknik ini biasa diterapkan pada batik dan tie dye.
  3. Discharge Printing
    Jenis printing dengan memakai teknik menghilang warna dari area tertentu untuk kain yang sudah dicelup. Biasanya teknik ini dilakukan memakai bahan-bahan kimia.
  4. Engraved Roller Printing
    Teknik yang dilakukan dengan cara melewatkan kain pada media cetak yang sudah diukir pada rol mesin cetak. Selanjutnya kain tersebut dijual dalam bentuk gulungan dengan hasil yang benar-benar berkualitas.
  5. Spary Printing
    Sesuai dengan namanya, teknik ini dilakukan dengan menyemprotkan pewarna ke kain memakai penyemprot khusus.

Melalui informasi di atas tentu kini anda ingin tahu lebih jauh tentang mencetak kain printing. Maka dari itu silakan saja klik link berikut fabric printing. Sebab link tersebut menyediakan informasi terlengkap seputar kain printing beserta pemesanannya secara online. Dengan memesan secara online maka anda tak perlu repot untuk memesan berbagai motif kain printing sesuai yang anda inginkan.

Demikianlah penjelasan mengenai teknik-teknik dalam pembuatan kain print yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang ingin mencetak kain printing sesuai dengan motif yang diinginkan maka silakan mempertimbangkan hal-hal di atas untuk mendukung kesuksesan bisnis kain printing anda.