Tempat Wisata Religi Agama Islam Yang Populer di Yogyakarta

Paket Wisata Religi Jogja

Kawasan Yogyakarta selain sebagai salah satu pusat budaya Jawa namun juga merupakan pusat penyebaran agama Islam. Terdapat dua kesultanan yang kesultanan yang bernafaskan Islam yaitu Kesultanan Mataran Islam dan Kraton Yogyakarta. Jadi tidak mengherankan jika terdapat peninggalan-peninggalan yang bernuansa Islam di kawasan ini. Walau tidak sebesar wisata dengan tema alam atau budaya namun tetap banyak wisatawan yang datang ke Jogja untuk mengunjungi tempat-tempat yang dianggap berperan besar dalam hal penyebaran agama Islam maupun peninggalan-peninggalan yang di bangun oleh kedua kerajaan tersebut yang dianggap bersejarah bagi sebagian orang. Berikut tempat yang biasanya menjadi tujuan umat Islam yang ingin melakukan wisata religi saat berkunjung ke Yogyakarta:

  1. Masjid Gedhe Kauman

Objek wisata religi pertama yang sering dikunjungi wisatawan adalah Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini adalah masjid terbesar dan salah satu yang tertua yang di bangun oleh Keraton Yogyakarta. Sebagai pusat penyebaran ajaran Islam dan tempat beribadah umat Islam masjid ini telah berdiri pada abad ke 18. Dengan mengunakan arsitektur Jawa Klasik, Masjid Kauman masih bisa berdiri dengan megah dan mempesona. Walau beberapa kali direnovasi karena rusak oleh usia dan bencana alam namun keaslian masjid ini masih dipertahankan dengan baik. Banyak wisatawan yang datang ke masjid ini untuk sholat sekaligus menyaksikan kemegahan dari bangunan ini.

  1. Makam Raja dan Masjid Kota Gede

Tempat kedua adalah Makam Raja Kota Gede dan Masjid Kota Gede yang berlokasi di kawasan Kota Gede. Di makam raja terdapat kuburan Panembahan Senopati yang merupakan raja pertama Kerajaan Mataram Islam beserta makam keluarganya. Pada umumnya wisatawan yang datang ke makam ini untuk berziarah dan berdoa di makam tersebut. Selain itu beberapa wisatawan datang untuk menikmati suasana makam yang sangat bernuasakan Jawa Klasik yang berpadu dengan budaya Hindu di beberapa bagiannya. Di dekat makam terdapat masjid yang menjadi saksi berkembangnya agama Islam di kawasan ini yaitu Masjid Kota Gede. Dibangun pada zaman Sultan Agung, masjid ini masih berdiri kokoh di kawasan Kota Gede hingga sekarang. Keunikan dari masjid ini dalah dibeberapa bagian masjid terlihat alkulturasi budaya yang sangat kental antara budaya Islam, Hindu dan Buddha.

  1. Makam Raja-Raja Imogiri

Makam Raja-raja Imogiri adalah objek wisata yang sering dikunjungi berikutnya. Tempat wisata ini sudah sangat terkenal oleh masyarakat luas karena merupakan makam dari raja-raja Mataram dan keturunanya yang menjadi raja. Saat mataram pecah menjadi dua menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta, raja dari kedua kerajaan tersebut juga dimakamkan di tempat ini. Pengunjung yang datang umumnya untuk berziarah dan berdoa kepada Tuhan. Lokasi makam yang ada di atas bukit membuat wisatawan bisa bersantai menikmati suasana yang sejuk dan segar.

Demikian penjelasan singkat mengenai tempat yang biasa dikunjungi untuk wisata religi yang ada di Jogja. Terdapat objek wisata religi lainnya yang akan bahas dilain kesempatan. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi bagi mereka yang ingin menikmati paket wisata religi Jogja.