Tetap Nyaman dengan Berbagai Style Hijab Terbaru

Sebagai sebuah kewajiban bagi seorang muslimah, kewajiban tentu harus ditaati untuk dikenakan dalam kehidupan sehari-hari. Berhijab bukan hanya harus dilakukan di rumah, sekolah, kampus ataupun tempat kerja saja, namun dimanapun tempatnya berada seorang mulimah harus tetap senantiasa mengenakan hijab untuk menutupi auratnya.

Seiring dengan perkembangan zaman yang berimbas pula pada perkembangan dunia fashion, keberadaan hijab yang semula hanya sebatas sebagai kewajiban penutup aurat bagi muslimah, kini menawarkan berbagai macam style tersendiri. Adanya berbagai style hijab terbaru juga makin membuat anggun tiap muslimah yang mengenakannya. Mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa kini memiliki style hijab sendiri-sendiri yang sesuai dan cocok sekaligus nyaman untuk dikenakan.

Ragam style hijab yang tersedia dan menjadi tren saat ini bisa diterapkan untuk berbagai kegiatan. Ada yang digunakan untuk menghadiri acara pesta, pergi ke kampus, untuk busana wisuda, atau untuk aktifitas sehari-hari di rumah. Nah, agar bisa tetap nyaman untuk mengenakan berbagai style hijab, ada beberapa hal yang patut diperhatikan oleh seorang muslimah.

  1. Mengeringkan rambut sebelum mengenakan hijab.

Sebelum mengenakan penutup kepala, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu memastikan rambut dalam keadaan kering. Kamu bisa membantu mengeringkan rambut dengan memakai handuk biasa, atau jika sedang dalam keadaan tergesa-gesa kamu  bisa memakai bantuan hair-dryer pengering rambut untuk mengeringkan rambut lebih cepat. Hal ini perlu dilakukan karena jika kamu memaksakan untuk mengenakan hijab dalam kondisi rambut basah pasti terasa tidak nyaman, dan berat atau bahkan pusing. Selain itu, mengenakan hijab dalam kondisi rambut basah dapat menyebabkan rambut menjadi lepek dan berbautidak sedap.

  1. Pemilihan jenis bahan hijab

Dengan semakin bermunculannya style hijab terbaru, tentunya juga menawarkan berbagai macam jenis bahan hijab yang ada. Pemilihan bahan atau jenis kain hijab yang tepat juga menjadikan kenyaman tersendiri bagi muslimah yang mengenakannya. Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini pemilihan jenis bahan hijab yang baik adalah yang bahan dapat menyerap keringat. Kain dengan jenis katun patut menjadi alternatif pilihan karena memiliki serat yang renggang sehingga mampu menyerap udara dari luar sekaligus tidak menjadikan gerah.

  1. Mengikat rambut saat mengenakan hijab.

Pastikan rambut sudah terikat sebelum berhijab. Ketika rambut tergerai begitu saja saat mengenakan hijab akan membuatnya menjadi berantakan dan nampak mudah keluar melalui lubang-lubang serat kain hijab. Dengan kondisi rambut yang berantakan pastinya juga akan membuat kepala menjadi gerah dan pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

  1. Mengenakan inner sebelum berhijab.

Inner atau sering juga disebut dengan ciput merupakan dalaman hijab yang berfungsi menjaga posisi hijab agar tetap teratur dan juga mencegah agar helai-helai rambut tidak sampai menyeruat keluar hijab karena sudah tertutup sempurna dengan adanya ciput ini. Kaum muslimah bisa mengenakan inner sesuai dengan  style hijab yang dikenakan. Pilihan inner yang umum biasa muslimah masa kini adalah yang berbentuk bandana. Sekarang dengan banyaknya penawaran dari marketplace dan online shop, Muslimah dapat mendapatkan inner atau ciput dengan harga yang relatif murah dengan berbagai pilihan yang disediakan.

  1. Pakailah kombinasi warna hijab yang sesuai

Nah, hal terakhir yang patut muslimah pertimbangkan dalam mengenakan hijab adalah kombinasi warna dengan busana yang dikenakan. Perpaduan warna yang baik dan tidak norak akan membuat muslimah nampak anggun dan pastinya terlihat lebih cantik. Muslimah bisa melakukan eksperimen sendiri untuk pemilihan warna yang cocok dengan busana sekaligus juga dengan kulit wajah.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas diharapkan kaum muslimah tetap bisa merasakan kenyamanan saat mengenakan berbagai style hijab yang ada, sekaligus menjadikannya terlihat  lebih anggun dalam balutan busana muslimah.